Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah Gangguan Kesehatan Waktu Umroh



Sebagai umat Islam, umroh menjadi salah satu bentuk ibadah yang di idam-idamin banyak orang. Kesempatan umroh pun adalah hal yang terbilang cukup eklusif bagi umat Muslim. Hal itu ga lepas dari biaya melakukan umroh yang ga murah karena harus dilakukan langsung di Arab Saudi sana.

Tentu saja, melaksanakan umroh bukanlah hal yang mudah dan menantang. Tidak cuma menantang secara finansial, tetapi juga secara fisik. Hal itu ga lepas dari seluruh prosesi umroh yang dilaksanakan di Arab Saudi dengan cuaca yang 180 derajat berbeda dengan apa yang ada di Indonesia. Karenanya, wajar banget kalau gangguan kesehatan sering menghantui para peserta umroh ketika ada di negeri padang pasir itu. Di sisi lain, kegiatan umroh yang padat juga bisa bikin tubuh cepat lelah, bahkan sakit, jika tidak bener-bener bisa jaga kesehatan.

Agar perjalanan umroh aman dan tidak dibarengi oleh gangguan kesehatan apapun, penting buat kamu yang mau menjalani ibadah ini buat selalu ngelakuin langkah pencegahan sebelum umroh. Langkah-langkah pencegahan apa aja itu? Yuk, simak ulasan ini!

Melakukan Medical Check Up Sebelum Berangkat

Melaksanakan umroh yang aman dan bebas gangguan kesehatan dapat tercipta jika kita mahamin kondisi kesehatan kita sendiri. Jangan sampai kita tidak tahu kondisi kesehatan sebelum berangkat, karena dampaknya bisa fatal dan repot ketika kita jatuh sakit di tanah suci.


Oleh karena itu, terlepas berapapun usia kamu, menjalani medical check up sebelum berangkat adalah hal yang wajib dilakuin. Dengan medical check up, kondisi tubuh kamu akan dicek satu-satu untuk mastiin apakah tubuh kamu cukup sehat apa gak waktu akan menjalani umroh.


Di sisi lain, kamu juga bisa mengantisipasi penyakit-penyakit bawaan yang mungkin bisa ganggu perjalanan umroh kamu nanti, seperti maag, astma, diabetes, dan berbagai penyakit umum lainnya. Intinya, jangan pernah lewatin tahap medical check up ini ya biar kamu tetap memahami kondisi badan kamu ketika ngejalanin ibadah nanti.


Melakukan Olahraga Lebih

Umroh adalah ibadah yang melelahkan karena prosesi dan iklim cuaca baru yang bakal kamu hadepin. Bagi orang yang terbiasa banget sama kondisi di Indonesia, cuaca sepanas di daerah Timur Tengah sana belum ada apa-apanya sama cuaca tropis hangat di sini. Belum lagi, kamu pun harus banyak berjalan kaki ketika menjalani umroh di tengah cuaca itu. Pun, belakangan juga Arab Saudi juga dilanda cuaca tidak menentu, seperti hujan badai. Betapa banyaknya kegiatan yang dilaksanain di tengah cuaca ekstrem itu menuntut kita untuk selalu siap akan segala kondisi yang menyulitkan prosesi umroh nanti.


Agar badan siap dan punya daya tahan yang mumpuni, melakukan olahraga lebih adalah hal yang penting banget kamu lakuin selama di Indonesia. Olahraga dapat ngelatih ketahanan tubuh kita dalam beradaptasi dan melakukan kegiatan berat. Jadi, buat kamu yang jarang olahraga, mulai membiasakan diri, seenggaknya sebelum umroh aja, jadi hal wajib biar kamu ga mengalami gangguan kesehatan sewaktu di tanah suci nanti. 


Latihan fisik dengan olahraga ini bisa kamu lakuin dengan berbagai cara. Jogging menjadi salah satu cara melatih fisik yang paling umum dan bisa dilakuin kapanpun. Walaupun begitu, bentuk olahraga lain, seperti senam atau workout di gym juga disarankan untuk meningkatkan kekuatan tubuh ketika berada di tanah suci.


Makan-makanan yang Sehat

Salah satu penyebab kenapa kita sakit adalah karena apa saja yang kita makan. Memakan makanan yang sehat akan berdampak pada kondisi tubuh yang sehat. Dan makan-makanan yang ga sehat akan bikin tubuh kita sakit.


Makan makanan sehat belakangan memang sulit karena banyaknya makanan tidak sehat yang menggoda lidah kita, seperti makanan berminyak dan makanan cepat saji yang tersedia banyak di berbagai penjuru kota. Karena umroh harus dihadapi, mengubah pola makan wajib dilakuin agar tubuh tetap fit ketika menjalani ibadah.


Ubahlah kebiasaan makan yang tidak baik dengan kebiasaan makan sehat. Misal, dari yang suka makan makanan fast food diubah menjadi makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Merubah diet dapat mempengaruhi kondisi kesehatan menjadi lebih baik ketika menjalani umroh nanti. 


Di  sisi lain, jaga pola makan agar tidak kurang atau terlalu berlebih. Jangan sampai kurang makan atau makan dengan jadwal makan yang tidak tertib karena kebiasaan itu bisa buat kamu kena maag. Karena itu, makanlah dengan porsi secukupnya secara teratur biar tubuh tetap fit.


Minum Vitamin

Makan-makanan yang sehat memang kebiasaan yang baik untuk membangun imunitas dan kekuatan tubuh menjelang umroh. Namun, satu hal yang ga bisa lewat untuk mendukung manfaat yang didapat setelah makan adalah dengan meminum berbagai jenis vitamin. 


Vitamin bisa nambah imun kamu biar ga gampang sakit. Ada berbagai vitamin yang bisa kamu minum, salah satunya adalah vitamin C yang nambah anti-body kamu biar ga gampang sakit. Di sisi lain, masih banyak suplemen lain yang ga bisa kamu lewatkan untuk dikonsumsi agar tubuh semakin kuat.

Jaga Pola Tidur

Selain menambah intensitas olahraga dan menjaga pola diet makanan, memastikan tubuh beristirahat dengan baik menjadi indikator penting untuk memastikan dirimu ga mengalami gangguan kesehatan ketika menjalani umroh.


Tidur adalah hal penting yang ga bisa disepelein. Sewaktu tidur, tubuh meregenrasi sel-sel yang rusak dan mengistirahatkan organ-organ agar siap kembali bekerja ketika kita sedang terjaga. Karenanya, tidur yang cukup adalah syarat mutlak untuk mendapatkan kondisi prima itu. 


Tidurlah minimal 6-8 jam sehari, tidak kurang dan tidak lebih. Di sisi lain, pastikan kamu punya kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur yang baik dapat kamu capai dengan melakukan pemanasan kecil beberapa waktu sebelum tidur, menyalakan suara white noise, atau mematikan penerangan yang menganggu kualitas tidur.


Menjaga Kesehatan Mental

Menghindari gangguan kesehatan waktu umroh ga cuma soal kesehatan fisik aja. Hal yang ga kalah penting adalah bagaimana kita ngejaga kesehatan mental juga. Kesehatan mental bukanlah hal yang bisa lepas dari kesehatan fisik karena keduanya saling mempengaruhi.


Ketika kesehatan mental sedang tidak baik-baik saja, maka kesehatan fisik pun akan terpengaruh juga. Untuk menjaga kesehatan mental agar baik-baik saja, kamu bisa coba dengan bermeditasi dan menghindari pemicu masalah mental yang memberatkan pikiran. Karena itu, usahakan melaksanakan umroh dalam kondisi mental yang stabil untuk mendukung kelancaran dalam beribadah. 


Itulah cara-cara untuk mencegah gangguan kesehatan ketika menjalani umroh. Lakukanlah cara-cara di atas agar kamu selalu kuat dan ibadah umrohmu jadi lancar. Pun, kini sudah banyak cara untuk menjalani umroh, apalagi dengan merajalelanya agensi umroh terpercaya yang banyak tersedia di Indonesia. Yuk, selalu jaga kesehatan untuk melancarkan ibadah di tanah suci!

Jika anda hendak mencari biro umroh terpercaya saat ramadhan, maka langsung saja kunjungi https://khazzanahtours.co.id/. Kami mempunyai banyak paket umroh untuk anda dengan jaminan kesehatan yang baik tentunya. 

Posting Komentar untuk "Mencegah Gangguan Kesehatan Waktu Umroh"