Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Asam Sulfat Bagi Kesehatan

  


Ada yang pernah baca berita soal pedagang buah yang meninggal karena air keras? Kasus ini sempat membuat netizen Indonesia heboh ya. Meskipun kasus ini terjadi karena motif kecemburuan, namun cairan yang pelaku gunakan berkaitan dengan materi yang kita Bahasa hari ini. Air keras atau cairan asam sulfat memang sangat terkenal dengan kemampuan korosinya yang mengakibatkan luka bakar serius. Luka ini bisa memberikan rasa sakit yang luar biasa hingga mengakibatkan kematian. Banyak orang yang kurang memahami bahwa air keras ini bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam AKI. Aki solo sebagai salah satu pakar dalam bidang aki kendaraan mengidentifikasi fungsi dari asam sulfat dalam aki sebagai berikut?

Penghantar arus listrik. Asam sulfat mengalami reaksi ionisasi dalam air dimana ion tersebut bergerak bebas. Karena dapat bergerak dengan bebas ion ini bereaksi dengan plat tembaga hingga menghasilkan arus listrik. Arus listrik inilah yang kita gunakan untuk menghidupkan kendaraan baik motor maupun mobil.

Penyimpan energi listrik. Asam sulfat menghasilkan reaksi reaksi redoks dari anoda dan katoda. Ketika kita melakukan stater mobil, terjadi aliran elektron dalam larutan asam sulfat tersebut melalui sirkuit eksternal. Aliran inilah yang kita gunakan sebagai powering device.

Menjaga durabilitas aki melalui pencegahan korosi. Plat dapat berfungsi dengan baik jika tidak terjadi korosi. Nah asam sulfat tidak hanya berfungsi sebagai cairan elektrolit tapi juga menjaga mencega korosi terjadi. Selain itu konduktivitas yang terjadi antara timbal dan cairan elektrolit mengoptimalkan arus listrik dari aki.

 

Bahaya Asam Sulfat pada Kesehatan

Penyebab luka bakar parah. Luka bakar ini terjadi karena reaksi antara cairan asam yang merusak jaringan kulit yang terpapar. Contoh sifat korosi dari air keras bisa kita liat saat ia terkena pada sepatu menjadi bolong. Jika pada benda keras seperti karet sepatu saja bisa rusak maka lebih-lebih jika ia terkena pada kulit. Kulit manusia terdiri lepisan lemak dan protein. Struktur dari lapisan ini akan rusak permanen saat bereaksi dengan cairan asam kuat. Kerasannya pun tidak tanggung-tanggung hingga kematian. Protein menjadi pecah saat terkena air keras, kerusakan ini membentuk gumpalan yang menyumbat sirkulasi dara. Karena penyumbatan ini akhir sel jadi mati.

Jika asam sulfat kontak dengan mata maka akan terjadi kebutaan permanen. Mungkin masih segar dalam ingatan kita saat salah satu petinggi KPK mengalami kebutaan karena terkena air keras oleh seseorang. Kebutaan ini terjadi karena kerusakan parah pada kornea, konjungtiva dan kelopak mata.

Bahaya dari air keras ini tidak hanya saat kontak langsung dengan tubuh. Bahkan ketika cairan asam ini terhirup oleh manusia bisa terjadi kerusakan pada saluran nafas. Paparan air keras berkonsentrasi tinggi dalam lama bahkan dapat menyebabkan kematian.

Cara Mencegah Paparan Asam Sulfat

Meskipun berbahaya asam sulfat memiliki sejumlah manfaat. Oleh karena itu keberadaan asam sulfat tidak bisa kita hindari. Apalagi jika pekerjaan seperti aki solo yang mengharuskan untuk kontak langsung dengan senyawa ini, maka kita hanya perlu mencegah paparan langsung. Caranya sebagai berikut

Pastikan selalu menggunakan alat pelindung diri yang komprehensif. Mulai dari sarung tangan, kacamata pelindung, pakaian dan respirator saat bekerja.

Karena cairan asam ini  sangat korosif dan  memiliki uang, maka lingkungan kerja harus memiliki sirkulasi dan ventilasi udara yang baik.

Penyimpanan cairan keras ini di wadah kaca tebal berwarna coklat dan memiliki penutup yang rapat. Wadah tersebut sebaiknya kita simpan di dalam ruangan yang aman, terkunci dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Penanganan Paparan Asam Sulfat

Jika terjadi kontak dengan kulit maka segera bilas dengan air mengalir selama 15 menit. Alasannya karena air dan asam sulfat mudah bereaksi. Sehingga dengan mengalirkan dengan air mengalir kita mengharapkan air tersebut mengikat senyawa asam sulfat melalui reaksi pengenceran. Akibatnya air keras ini tidak sempat bereaksi dengan protein dan lemak yang ada di kulit. Dengan kata lain semakin cepat kita mengakhirinya dengan air maka luka bakar bisa lebih terminimalisir.

Jika terkena pada mata selain membilas dengan air mengalir selama 15 menit, segera melakukan pemeriksaan medis. Tujuannya untuk mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada jaringan mata. Dengan melakukan pemeriksaan secepat mungkin maka kita bisa mendapatkan pertolongan menghindari kebutaan permanen.

Jika tertelan maka langsung minum air putih atau susu dalam jumlah kecil. Sangat tidak kita anjurkan untuk memuntahkannya. Karena jika kita muntahkan kembali maka kemungkinan akan memperlebar luka bakar pada jaringan yang ia lewati. Namun jika kita minum dengan air putih atau susu reaksi pengenceran bisa terjadi. Sehingga efek luka bisa kita minimalisir.

Tingkat Keparahan Luka Bakar

Luka bakar yang terjadi karena cairan keras tidak hanya merusak struktur dari kulit tapi juga mengakibatkan kematian. Hal ini tergantung dari seberapa luas paparan asam sulfat dengan kulit. Semakin luas paparannya makan luka bakar yang terjadi semakin sulit kita tangani. Selain itu konsentrasi dari asam sulfat juga mempengaruhi kekuatan korosinya. Asam sulfat yang telah kita diencerkan dengan aquades lebih rendah kemampuannya dalam merusak daripada asam sulfat murni.

Hal lain yang mempengaruhi tingkat keparahan luka dari air keras adalah lama paparannya. Jika terkena asam sulfat dan tidak segera kita bilas maka luka bakar yang ia timbulkan bisa serius. Apalagi jika area kulit yang terkena tersebut sensitive seperti wajah dan genital yang lebih rentan terhadap luka bakar parah. Untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya segera bilas dengan air mengalir minimal 15 menit. Selain itu jika yang terkena pakaian maka segera lepaskan pakaian tersebut sebelum kontak langsung dengan kulit. Begitu juga dengan perhiasan. Karena sifat korosi yang kuat asam sulfat bisa merusak perhiasan seperti logam mulia. Langkah terpenting adalah segeralah mencari pertolongan medis.

Nah karena sifat berbahaya dari air keras dalam aki ini, sebaiknya kita menggunakan tenaga profesional untuk mengurus aki kendaraan. Percayakan penanganan terbaik hanya di aki solo saja. Para pakar dengan pengalaman yang telah sangat banyak akan membantu kita mengatasi masalah aki kendaraan. Selain itu di sini kita juga bisa membeli berbagai aki dengan mereka terkenal dan bergaransi original ya. Saat tengah malam terjadi kerusakan pada aki mobil atau motor anda. Segera hubungi aki solo, mereka memiliki layanan 24 jam yang siap membantu anda kapan saja. Selain itu ada juga layanan antar pasang gratis loh. Wah sangat komplit bukan layanan terbaik dari aki solo. Hanya di aki solo semua permasalahan aki mobil dan motor dapat terselesaikan. Informasi lengkap dapatkan di toko aki solo atau hubungi 081329987171.

Posting Komentar untuk "Bahaya Asam Sulfat Bagi Kesehatan"