Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JANGAN DIABAIKAN! INI DIA EFEK SAMPING KAPORIT DI AIR MINUM YANG PERLU KAMU WASPADAI

Kalau kalian suka renang atau pernah berkunjung ke kolam renang, pasti suka mencium aroma khas di kolamnya kan?, itulah yang biasa disebut sebagai kaporit. Kalian tau ga sih, kaporit itu tidak hanya dipakai untuk menjernihkan air dari kolam renang, lo. Banyak juga penggunaan kaporit di dunia industri, salah satunya adalah pengolahan dalam air minum. Tapi jangan salah, meskipun kaporit ini berguna dalam pengolahan air minum, ada juga efek samping kaporit di air minum yang tidak boleh kita abaikan, lo.

MENGENAL TERLEBIH DAHULU TENTANG KAPORIT

Nah, teman-teman, sebelum kalian tahu lebih banyak soal efek samping kaporit di air minum, mending kita tahu dulu soal si kaporit ini yuk. Kalau mengacu pada rumus kimianya, kaporit itu memiliki rumus kimia Ca(ClO)2, nah kalau diterjemahin, dibacanya jadi kalsium hipoklorit. Dari namanya aja, ketahuan dong kalau kaporit ini mengandung klorin yang secara fungsinya aja memang berguna buat penjernihan air minum, pemurnian kolam renang, dan bahkan dibikin dalam bentuk pestisida tanaman, lo. 

Komposisi dan sifat kimiawi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kaporit ini memiliki kandungan zat klorin, kegiatan kayak penjernihan air minum, pemurnian kolam renang, sama pestisida tumbuhan itu juga pakai zat klorin dari kaporit buat jadi salah satu bahannya. Bentuknya juga kayak bubuk biasa berwarna putih, meskipun ada juga yang warnanya agak kekuningan. Bubuknya juga gak bisa larut dengan gampang dalam air, makanya kaporit ini suka dipakai di air yang tingkat pengerakannya rendah biar gak ada pengerakan akibatnya. 

Penggunanannya dalam keseharian

Habis kita tau soal struktur kimia dan sifat si kaporit ini, yuk kita lanjut buat mengetahui apa saja sih peran si kaporit ini dalam keseharian. Nah, diketahui bahwa kaporit ini ternyata punya fungsi yang penting, terutama dalam kegiatan rumah tangga dan industri pertanian. 

Kalau kegiatan rumah tangga misalnya nih, kaporit itu guna banget buat menjernihkan air sumur, biasanya sih buat yang baru pindahan rumah, kalau tidak pakai tawas, pasti pakai kaporit buat ngejernihin air sumur atau air tanah yang ada di rumahnya biar bisa dipakai buat sumber air minum atau buat kegiatan lainnya kayak mandi, cuci baju, atau cuci wadah. Tapi catat ya, harus dengan konsentrasi yang sesuai sama anjuran, karena kalau tidak sesuai dengan anjuran, efek samping kaporit di air minum dan air lainnya yang bersumber dari sumur itu sangat mengerikan, lo. Oiya, tidak hanya untuk menjernihkan air sumur, kaporit buat kegiatan rumah tangga juga berguna buat membersihkan perabotan di rumah, kayak talenan, meja dapur, wadah cemilan, dan lain sebagainya. Jadi kaporit itu kalau di rumah tangga memang cukup berguna dan dibutuhkan, ya.

Selain buat kegiatan rumah tangga, kaporit juga sering dipakai buat kegiatan pertanian, khususnya buat disinfektan tanaman-tanaman, lo. Tapi penggunaannya terbatas banget karena meskipun ampuh buat ngusir hama, kaporit itu juga sebenarnya gak bagus-bagus banget buat tanaman. Kalau lebih sedikit aja, tanamannya bisa mati dan terancam gagal panen.

Penggunaan kaporit di Industri penjernihan air

Ga cuma dipakai di kegiatan rumah tangga atau di kegiatan pertanian, kaporit ini dipakai masif banget buat industri pengolahan air, lo. Kan kita tadi udah tau ya, kalau kaporit ini punya fungsi utama buat menjernihkan air, nah akibatnya kaporit ini jadi paling sering dipakai buat industri pengolahan air minum, karena kemampuannya yang bisa hilangin bakteri, kuman, bahkan virus dari air yang sudah masuk ke tahap pengolahan di pabrik.

Buat yang gatau prosesnya, singkatnya petugas penjernihan air di pabrik bakal mastiin kalau alat dan wadah penjernihan kayak pipa, katup, dan penampung air sudah bersih dari berbagai kotoran, habis itu, kaporit disiapin buat dimasukan ke penampung. Setelah semua udah siap, kaporit dibuat dalam bentuk cairan bersama larutan lain yang namanya ortotolidin. Setelah kaporitnya dah siap dengan berbagai perhitungan kadar klorinnya, kaporit siap buat dimasukin ke penampung yang sudah ada airnya buat dijernihin. Dan setelah dimasukan ke penampung atau tangki air, nantinya akan ada lumpur mengendap juga yang terbentuk akibat si kaporit tadi, lalu lumpurnya dibuang.


Tapi sayang banget, guys. Ternyata masih ada kegiatan pengolahan air minum yang kadar kaporitnya udah over banget. Iya bener, kaporitnya udah diluar ambang batas, makanya kejadian kayak gini bakal ngehasilin efek samping kaporit di air minum yang ngeri banget.

EFEK SAMPING KAPORIT DI AIR MINUM DAN SOLUSINYA

Nah, kan kita udah tau nih kalau ternyata pengolahan air minum itu bisa ngehasilin penggunaan kaporit yang mengerikan dan menghasilkan efek samping kaporit di air minum yang mengerikan. Pertanyaan selanjutnya adalah, memangnya semengerikan apa sih efek samping kaporit di air minum itu?.

Iritasi saluran pencernaan, efek samping kaporit di air minum yang pertama adalah bisa ngehasilin iritasi di saluran penceraan kita, lo guys. Ini pastinya ngeri banget sih, soalnya kayak yang kita tau, saluran pencernaan kita itu adalah penting banget dan pasti bakal bikin sulit kamu kalau sampe saluran pencernaannya kena penyakit. Nah, nyatanya kaporit yang berlebihan di air minum itu bisa bikin pencernaan kita kena gangguan kayak bikin perut kamu sakit, udah sampe mual dan muntah-muntah, lo. bahkan bisa sampe bikin kamu masuk rumah sakit.

Efek buruk berkepanjangan buat kesehatan kamu, efek samping kaporit di air minum selanjutnya ya pasti bakal bikin efek buruk yang terus-terusan buat kesehatan kamu, guys. Residu klorin yang dikeluarin dari kaporit yang berlebihan di air minum kamu bakal bikin efek menjalar ke seluruh tubuh, ga cuman pencernaan kamu doang. Jadi jangan heran kalau ada juga orang yang ga cuman punya masalah pencernaan kayak diare dan lainnya, gangguan kesehatan lain kayak gangguan penglihatan, kulit gatal-gatal, atau bahkan kegagalan organ dalam juga bakal dialami kalau sampe efek samping kaporit di air minum itu gak terselesaikan.

Bahaya juga buat ibu hamil, ini juga ga kalah bahaya sih, guys. Soalnya janin yang ditunggu-tunggu kehadirannya di dunia, harus sirna karena efek samping kaporit di air minum yang berlebihan. Air minum yang ngandung kaporit itu bisa bikin kandungan si ibu komplikasi lo, guys. Ga cuman itu, paling parah ya bisa bikin sampe keguguran atau kelahirannya bisa prematur.

Distributor Filter Air Hydro

Maka dari itu, guys, kita jangan langsung percaya dengan kualitas air minum yang langsung berasal dari sumur, penting banget untuk kita buat punya filter penjernih yang ga cuman bisa bikin air kotor jernih, tapi bisa bikin residu klorin yang berlebihan dari kaporit juga bisa “bye-bye”. Kalau air kotor dan residu klorin itu diibaratin penyakit, maka butuh filter penjernih yang berkualitas buat jadi dokter yang tepat. Gausah khawatir, karena kalian bisa dapetin si “dokter” penjernih air dari dokterair.co.id, sebuah perusahaan yang masok penjernih air yang berkualitas dan terjamin buat ngilangin berbagai kotoran termasuk si residu klorin dari kaporit, guys. 

Tenang aja, dokterair udah berpengalaman banget buat bikin produk filter penjernih air lebih dari 20 tahun, lo. Udah gitu, https://dokterair.co.id/ juga punya sertifikasi halal dari MUI dan pastinya punya standar kualitas yang tinggi. Testimoninya juga bisa dicek deh di websitenya, pada bagus-bagus lo, bahkan artis aja pakai produk dari dokter air, guys. Tunggu apalagi, segera meluncur ke websitenya dan dapatkan produk penjernih air paling berkualitas di dokterair.co.id 

Posting Komentar untuk "JANGAN DIABAIKAN! INI DIA EFEK SAMPING KAPORIT DI AIR MINUM YANG PERLU KAMU WASPADAI"