Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Samping Zat Kapur Dalam Air Minum Untuk Tubuh Manusia



Air minum merupakan salah satu kebutuhan yang sangat pokok untuk tubuh manusia sobat. Air minum juga menjadi salah satu elemen yang sangat vital untuk menjaga kesehatan tubuh.  Tapi tidak semua air minum punya kualitas yang sama dan ada juga beberapa air minum yang mengandung zat yang berpotensi bahaya loh. Salah satu zat yang bahaya dan tidak boleh ada di air minum adalah zat kapur. Kami akan membahas efek samping zat kapur dalam air minum untuk tubuh manusia. Dengan ini kami berharap Anda dan keluarga lebih berhati-hati dan menjaga kualitas air minum yang akan di konsumsi.

Apa Sih Zat Kapur dalam Air Minum Itu?

Sebelum kita membahas bagaimana efek samping yang ditimbulkan tentu kita perlu memahami apa itu zat kapur. Zat kapur atau yang kita kenal sebagai kalsium karbonat ini adalah mineral alami yang sering kita temukan di air tanah. Zat ini juga biasanya berasal dari batuan kapur atau gamping yang larut ke dalam air. Saat air mengalir melalui tanah yang mengandung kapur tentu saja air tersebut bisa saja mengikat kapur dan akhirnya membawanya bersama aliran airnya. Akibatnya air minum yang berasal dari sumur atau sumur bor ini sering sekali mengandung tingkat kapur yang sangat tinggi sobat. 

Efek Samping Zat Kapur Untuk Tubuh Manusia

Gangguan Pencernaan

Salah satu efek samping utama dari konsumsi air yang mengandung tingkat kapur yang tinggi adalah gangguan pencernaan. Zat kapur sendiri bisa bereaksi dengan asam lambung yang ada di tubuh kita loh sobat. Hal ini akan menyebabkan penumpukan gas dan kembung atau bahkan gangguan pada lambung seperti maag. 

Pembentukan Batu Ginjal

Kalsium karbonat yang merupakan komponen utama dari zat kapur bisa mengendap dan membentuk batu ginjal kalau dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan loh sobat. Hal ini juga akan mengakibatkan rasa sakit yang sangat parah dan kesulitan buang air kecil hingga terjadi infeksi pada saluran kemih.

Gangguan Pada Kulit dan Rambut

Air minum yang memiliki kandungan zat kapur dengan jumlah yang tinggi juga bisa menyebabkan gangguan pada kulit dan juga rambut loh. Kulit sobat mungkin bisa menjadi kering dan bersisik atau bahkan mengalami ruam. Rambut Anda juga akan menjadi kusam dan kering bahkan menjadi rapuh karena terkena zat kapur terus menerus.

Pengendapan pada Peralatan Rumah Tangga

Selain berdampak langsung pada kesehatan tubuh manusia zat kapur yang ada di air minum juga bisa menyebabkan pengendapan di peralatan rumah tangga sobat loh. Pengendapan ini bisa terjadi pada keran atau panci. Hal ini juga bisa mengurangi umur pakai dari peralatan tersebut dan memerlukan perawatan yang lebih intensif.

Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah

Zat Kapur yang terlalu tinggi dalam air minum juga bisa berdampak buruk pada sistem peredaran darah loh. Kalsium karbonat bisa mengendap di dinding pembuluh darah dan akan menyebabkan penyumbatan yang meningkatkan risiko dari penyakit kardiovaskular seperti hipertensi atau stroke. 

Cara Mengatasi Masalah Zat Kapur dalam Air Minum

Untuk mengatasi masalah yang akan ditimbulkan oleh zat kapur dalam air minum berikut adalah langkah yang bisa sobat lakukan.

Pemasangan Filter Air

Memasang filter air di rumah sobat juga bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengurangi kadar zat kapur yang ada di air minum loh. Filter air bisa menyaring dan juga menghilangkan zat yang berbahaya termasuk zat kapur. Hal ini akan bisa memastikan air minum yang sobat dan keluarga konsumsi lebih bersih dan juga lebih aman dari kontaminasi berbahaya.

Menggunakan Air Minum Bersertifikat

Anda bisa memilih air minum yang sudah memiliki sertifikasi kesehatan dan kebersihan dari lembaga yang terkait. Anda harus memastikan untuk memeriksa label kualitas air minum sebelum membelinya. Anda juga perlu memastikan air tersebut bebas dari zat kapur atau kontaminan yang lainnya ya sobat. Jadi jangan asal membeli air minum sebelum memastikannya dengan cermat untuk mengurangi efek samping zat kapur dalam air minum. 

Mengkonsumsi Air Minum dari Sumber yang Terpercaya

Jika sobat dan keluarga masih menggunakan sumur atau sumber air tanah yang lainnya sobat perlu memastikan secara teratur untuk memeriksanya. Sobat perlu memeriksa dan melakukan pengujian kualitas air yang ada apakah aman untuk dikonsumsi dan apakah aman dari kontaminan atau tidak. Dengan Anda melakukan ini maka Anda bisa memastikan jika air minum yang akan Anda dan keluarga konsumsi bebas dari zat kapur dan aman untuk dikonsumsi. Anda bisa meminta bantuan dari ahlinya seperti dokterair.co.id untuk membantu Anda dalam melakukan pengecekan. Dengan alat yang sudah canggih dan dijamin akurat akan membantu Anda mengenali air minum yang baik. 

Menjaga Keseimbangan Kalsium dalam Tubuh

Jika sobat sudah terlanjur mengkonsumsi air yang mengandung zat kapur dalam jumlah yang moderat maka sobat perlu memastikan untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam tubuh Anda. Sobat bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu atau yogurt dan juga keju. Selain itu sobat juga perlu menyeimbangkan konsumsi makanan sehat seperti sayuran untuk membantu menjaga daya tahan tubuh Anda.

Zat kapur dalam air minum sendiri memang memiliki efek samping yang berbahaya untuk kesehatan manusia jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu untuk mengurangi efek samping zat kapur dalam air minum Anda perlu memastikan air yang Anda konsumsi bebas dari zat kapur atau memiliki kadar yang rendah. Dengan mengambil langkah pencegahan yang tepat tentu akan menjaga kesehatan sobat dan keluarga dari efek samping yang tidak diinginkan. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan pemasangan filter air di dokterair.co.id. 

Tim yang dimiliki oleh Dokter Air ini sudah terverifikasi dan juga memiliki pengalaman dalam bidang pemasangan filter. Selain itu dokterair.co.id juga sudah sering melakukan pemasangan bahkan pada perusahaan besar. Dokter air juga menawarkan kemudahan untuk Anda dengan menyediakan suku cadang filter air yang bisa langsung dipasang saat Anda membutuhkan. Tidak perlu khawatir karena sebelum melakukan pemasangan tentu akan ada sesi konsultasi terlebih dahulu. 

Distributor Filter Air

Dengan pengalamannya tim dari filter penjernih air akan memberikan solusi bahkan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan dan juga untuk mensupport kesehatan Anda. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun Dokter air berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik dan mengedepankan kualitas demi kepuasan pelanggan. Anda bisa langsung menghubungi 08111900523 untuk melakukan pemesanan dan konsultasi. Jangan sampai terlambat menyadari kebutuhan Anda. Lakukan pencegahan dengan tepat dengan pemasangan filter air yang berkualitas.

Posting Komentar untuk "Efek Samping Zat Kapur Dalam Air Minum Untuk Tubuh Manusia"