Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Tes IELTS Perlu Surat Kesehatan dari Dokter?



Apakah Tes IELTS Perlu Surat Kesehatan dari Dokter. Pingin gak sih kuliah ke luar negeri? Sulit gak sih kuliah ke luar negeri? Gimana caranya? Apakah ada ujian seleksinya atau cuman mengandalkan nilai raport saja sih? Disini buat kamu yang punya mimpi pingin kuliah ke luar negeri, pastinya pertanyaan-pertanyaan ini cukup menggangu dong. Memang sih faktanya, ada beberapa persyaratan tertentu dan harus dipenuhi ketika kamu pingin kuliah ke luar negeri. So, persyaratan ini pastinya berbeda dong antar satu kampus dengan kampus lainnya. 

Ada sih, beberapa perbedaan mencolok dan pasti bakalan kamu temui. Perbedaan ini bergantung pada kualitas kampus tujuan kamu. Katanya nih, buat kampus dengan level B atau C, syaratnya tuh gak seberat kalo kamu pilih kampus level A. Infonya sih, ada beberapa kampus cukup pake nilai raport aja loh, asalkan sekolahmu pake kurikulumnya Internasional. Tapi ada juga sih sejumlah kampus yang pake seleksi tes masuknya kayak di Indonesia kok. 

Tes IELTS untuk berbagai persyaratan

Nah, salah satu tes seleksi masuk perguruan tinggi diluar negeri tuh adalah tes Bahasa Inggris dan biasanya dikenal dengan sebutan IELTS atau ada juga sih yang pake TOEFL. Perlu kamu tau, kedua tes ini memiliki jenis tingkat kesulitan berbeda-beda loh. Apa sih tes IELTS itu? Apakah tes IELTS perlu surat kesehatan dari dokter?

Jadi gini, tes IELTS tuh adalah tes seleksi kemampuan Bahasa Inggrismu. Umumnya, mencakup kemampuanmu dalam Writing, Reading, Speaking dan Listening. Untuk informasi aja, tes IELTS tuh biasanya dipake untuk Universitas di Asia dan Australia. Kalo tes TOEFL tuh biasanya dipake untuk Universitas di Eropa dan Amerika.

Namun, faktanya sih ada juga beberapa Universitas di Australia dan Asia yang pake hasil tes TOEFL juga loh. So, supaya kamu lebih jelas dan gak salah pilih tes bahasa, baiknya sih kamu cari informasi aja pada Universitas yang kamu tuju. Apakah pake tes IELTS atau TOEFL? Secara umumnya sih, syarat mengikuti tes IELTS tuh cuma butuh bawa kartu identitas diri saat kamu mendaftar. Identitas diri ini nih bisa pake KTP atau Paspor yang masih berlaku. Selain itu, kamu akan mendapatkan jadwal tes yang gak bisa diubah. Apakah tes IELTS perlu surat kesehatan dari dokter? Pertanyaan ini wajar terlontar, karena terkadang tes masuk di kampus Indonesia memerlukan surat kesehatan atau surat keterangan dokter. 

Faktanya sih, untuk menjawab pertanyaan apakah tes IELTS perlu surat kesehatan dari dokter? atau tidak? bergantung pada kondisi tertentu. Maksudnya gimana sih? Jadi gini, surat kesehatan dari dokter itu diperlukan ketika pada saat jadwal ujian ternyata kamu benar-benar mengalami gangguan kesehatan yang serius. Gangguan kesehatan yang serius ini menyebabkan kamu tidak bisa mengikuti tes sesuai jadwal. Karena kamu harus berada di rumah sakit atau klinik kesehatan. Gangguan kesehatan yang serius itu tuh misalnya penyakit berat yang membutuhkan penanganan dokter karena keadaan gawat. Dah tau sendiri kan kira-kira jenis penyakitnya apa.

Gangguan Kesehatan Selama IELTS?

Selain gangguan kesehatan serius yang kamu alami, apakah tes IELTS perlu surat kesehatan dari dokter? atau tidak? Didasarkan pada kondisi saat hendak mengikuti tes sesuai jadwal. Misalnya, tiba-tiba kamu mengalami kecelakaan berat yang perlu penanganan darurat kesehatan. Nah, kalo kamu mengalami ini, kamu perlu surat dokter sebagai syarat untuk menunda atau mengganti jadwal tes IELTS yang sebelumnya udah dijadwalkan. 

Mungkin banyak yang gak tau jika tidak ada larangan bagi mereka yang sudah menikah untuk kuliah ke luar negeri. Bagi kaum wanita yang mengikuti tes IELTS sebagai syarat penerimaan mahasiswa di kampus tertentu, juga bakalan mendapatkan jadwal ujian yang telah ditentukan. Bagi kaum wanita yang sudah menikah, apakah tes IELTS perlu surat kesehatan dari dokter? Jawabannya, bergantung pada kondisi tertentu. 

Jadinya nih, kondisi spesifik tertentu yang memerlukan surat kesehatan bagi wanita adalah ketika jadwal ujian IELTS yang telah ditetapkan bersamaan waktunya dengan proses persalinan atau mendekati perkiraan waktu proses persalinan. Dalam kondisi seperti ini peserta ujian bisa mengajukan penjadwalan ulang ujian. Syarat penundaan atau penjadwalan ulang yang diajukan ini nih harus disertai dengan surat keterangan dokter. 

Tips persiapan tes IELTS, apa aja sih?

Karena dari tadi kita bahas apakah tes IELTS perlu surat kesehatan dari dokter? atau tidak? Lebih baik nih, kita bahas sekarang tentang apa aja yang perlu disiapin menjelang tes IELTS, yaitu:

Pendalaman Materi

Setuju dong, jika sebelum mengikuti ujian IELTS ini kamu harus paham materi apa aja sih yang diujikan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan pendalaman materi melalui lembaga kursus tertentu, baik via online ataupun offline. Entah itu, kursus IELTS online ataupun offline, keduanya memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan. Keunggulan sistem online itu bisa diakses darimana aja, gak ada permasalahan dengan jarak, materi pelajaran yang mudah diakses serta jadwal belajar yang fleksibel. Kekurangannya, bagi yang gak terbiasa sistem online, akan merasa cepat bosan atau ngantuk waktu pembelajaran.

Latihan Soal atau Tryout

Setelah kamu menguasai materi dengan baik, selanjutnya kamu perlu melakukan latihan berupa uji soal atau tryout. Kenapa sih harus latihan? Penyebabnya adalah kamu bisa lebih paham variasi soal, selain itu kamu dituntut untuk belajar lagi ketika ada soal yang kamu belum bisa. Selain kedua hal tersebut dengan latihan soal dan tryout kamu bisa tau skor atau nilai yang kamu raih. 

Bandingkan skormu tadi dengan permintaan skor minimum dari kampus yang hendak kamu tuju. Jika skormu kurang, atau lebih rendah dari permintaan, maka kamu harus belajar lebih giat lagi. Jika ternyata skormu lebih tinggi, jangan terlalu berbesar hati tapi minimalnya sih rasa percaya dirimu bakalan meningkat dan merasa lebih siap menghadapi tes sesungguhnya. 

Jaga Kesehatan

Setelah semua persiapan sudah matang, jangan lupakan untuk tetap menjaga kesehatan. Tentunya kamu gak mau dong pada tes kondisi tubuhmu lagi gak oke, sebab hal itu akan mengganggu konsentrasimu saat mengerjakan soal. Pada keadaan ini apakah tes IELTS perlu surat kesehatan dari dokter? atau tidak? Itu tergantung pada usahamu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Gak ada salahnya, kamu lakukan olahraga rutin untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Selain menjaga kesehatan berhati-hatilah ketika berkendara. Jangan sampai sih kamu mengalami kecelakaan lalu lintas yang bakalan mengganggu jadwal tes IELTS-mu. 

Baiklah kesimpulannya, dari penjelasan diatas ternyata persyaratan apakah tes IELTS perlu surat kesehatan dari dokter? bukan merupakan syarat utama mengikuti tes IELTS ini. Kamu hanya memerlukan kartu identitas diri yang sesuai pada saat pendaftaran. Nah, jangan lupakan nih yang terpenting adalah persiapanmu baik secara fisik dan mental pada saat mengikuti tes. 

Nah, kalo kamu merasa perlu tambahan pendalaman Bahasa Inggris khusus materi IELTS. Terutama untuk persiapan tes dan ingin belajar via online. Kamu bisa kunjungi website kami di kursus IELTS untuk informasi lebih detailnya. 

Posting Komentar untuk "Apakah Tes IELTS Perlu Surat Kesehatan dari Dokter?"