Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Pemanfaatan Tanaman Hias untuk Kesehatan Udara, Serap Polusi dan Hasilkan Oksigen!



Pemanfaatan tanaman hias untuk kesehatan udara kini semakin merajalela. Banyak orang yang udah sadar kalau tanaman hias Itu nggak cuma buat pajangan aja, tapi juga punya peran penting buat bikin udara di sekitar jadi lebih bersih. Walaupun ruangan lengkap dengan teknologi canggih yang bikin betah, bukan berarti udara di dalam rumah lebih bersih daripada di luar.

Nah, tanaman hias jadi pahlawan karena bisa bikin udara di rumah jadi lebih segar dan bersih. Kalo kamu udah tau seberapa pentingnya tanaman hias di rumah, kamu bisa langsung hubungi jasa desain interior Tangerang buat merealisasikannya. Sebelum itu, perkaya dulu informasi tentang tanaman hias ya.

Pemanfaatan Tanaman Hias untuk Kesehatan Udara


Tanaman hias adalah berbagai macem tanaman yang kamu tanam dan rawat supaya rumah, kantor, atau halaman jadi lebih cantik. Bedanya sama tanaman lain, tanaman hias ini nggak buat dimakan atau dipake buat hal lain, tapi cuma buat nambahin keindahan aja. Biasanya, orang pilih tanaman hias berdasarkan warna, bentuk, atau tekstur daun atau bunganya. 


Tujuan utama punya tanaman hias emang biar suasana ruangan jadi lebih tenang dan segar gitu. Nggak cuma menambah estetika aja, tanaman hias juga baik banget buat kesehatan udara. Ini penjelasan lengkap tentang pemanfaatan tanaman hias dalam menjaga kualitas udara.


Menyaring Polusi Udara


Tanaman hias emang keren banget, salah satunya karena bisa bersihin udara. Jadi begini, tanaman hias punya kemampuan unik, namanya fotosintesis, yang bisa ngubah karbon dioksida jadi oksigen. Pada proses ini, udara di sekitar tanaman akan jadi lebih segar gitu. 


Selain itu, ada juga tanaman hias yang punya kemampuan nyerap zat-zat mengerikan, loh. Contohnya formaldehida, xylene, toluene, dan benzene yang bisa berasal dari cat, mebel, atau produk pembersih rumah tangga. Jadi, punya tanaman hias di rumah bisa bikin udara di sekitar kita jadi lebih bersih dan sehat.


Meningkatkan Kesehatan Pernapasan


Pemanfaatan tanaman hias untuk kesehatan udara selanjutnya juga berkaitan sama kesehatan pernapasan. Tanaman hias bisa ngurangin kelembaban di udara dan ngusir kuman-kuman yang jahat. 


Ada jenis tanaman hias, misalnya tanaman lidah mertua, lidah buaya, dan kaktus yang terkenal bisa serap kelembaban udara. Nah, ini bisa bantu banget cegah pertumbuhan jamur dan bakteri yang bisa bikin masalah kesehatan pernapasan. Jadi, tanaman hias nggak cuma buat cantikin rumah, tapi juga bisa jaga kesehatan kita.


Menyediakan Udara Bersih


Pada poin pertama tadi, ada menyinggung soal fotosintesis. Nah, proses tersebut bisa mengganti karbon dioksida menjadi oksigen. Menempatkan beberapa tanaman hias di dalam ruangan bisa bantu ciptain lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk ditempati. Pastinya udara yang lebih bersih bantu kamu ngurangin resiko penyakit pernapasan, alergi, atau masalah kesehatan lain karena udara tercemar.


Jenis Tanaman Hias Paling Bagus


Sekarang, memang udah banyak orang yang sadar pemanfaatan tanaman hias untuk kesehatan udara. Ada beragam varian tanaman hias yang bisa kamu pilih. Kalo kamu liat-liat pasti kamu naksir sama bentuk dan warnanya yang cantik banget. Apalagi, kalo kamu inget lagi manfaatnya untuk kesejukan dan kebersihan lingkungan. Penasaran, jenis tanaman hias apa aja yang biasa orang punya? Ini daftarnya.


Lidah Mertua


Lidah Mertua jadi tanaman hias yang bisa bantu nyegerin. Nggak cuma cantik aja dengan daunnya yang tegak dan motif yang keren, tapi juga bermanfaat banget buat bersihin udara di sekitarnya. Lidah Mertua punya kemampuan unik, yaitu bisa nyaringin polusi udara. Tanaman ini kayak punya mesin sendiri buat ngubah karbon dioksida jadi oksigen, jadi udara di sekitarnya jadi lebih segar. 


Selain itu, lidah mertua juga bisa nyerap zat-zat berbahaya yang muncul karena cat, mebel, atau produk pembersih rumah tangga. Selain membersihkan udara, ini juga bisa bantu ngekontrol kelembaban di dalam ruangan. Karena punya kemampuan buat serap kelembaban dari udara, jadi bisa bantu kurangin kelembaban yang berlebihan yang bisa jadi tempat berkembangnya jamur dan bakteri.


Di samping pemanfaatan tanaman hias untuk kesehatan udara yang efektif, lidah mertua juga cocok banget buat yang males repot-repot dalam perawatan. Tanaman ini tahan di kondisi lingkungan apa aja, termasuk minim cahaya dan air sedikit. Jadi, bisa di mana aja. Lidah mertua juga kuat banget melawan serangan hama dan penyakit, jadi gak perlu perawatan yang ribet kayak tanaman hias lainnya.


Lidah Buaya


Bukan cuma jadi tanaman yang terkenal buat perawatan kulit dan rambut aja, lidah buaya punya peran penting buat bikin udara di sekitar jadi lebih bersih. Tanaman ini punya kemampuan keren buat bersihin udara dari formaldehida, xylene, toluene, dan benzene yang sering banget ada di udara dalam rumah.


Selain ngebersihin udara, lidah buaya bisa bantu atur kelembaban di dalam rumah. Kalau kamu baca dari informasi manapun, lidah buaya bisa menyerap kelembaban yang berlebihan, jadi bisa bantu cegah tumbuhnya jamur dan bakteri di tempat yang lembab.


Satu lagi, lidah buaya bisa bikin oksigen juga, lho, apalagi kalau malam hari. Jadi, meskipun kamu tidur, tanaman ini tetep bisa bikin udara di sekitar jadi lebih segar dan bersih. Beberapa peneliti juga bilang kalau punya lidah buaya di rumah bisa bikin tidur pules banget karena kualitas udaranya lebih sehat.


Tanaman Palem


Pemanfaatan tanaman hias untuk kesehatan udara selanjutnya bisa kamu coba dari tanaman palem. Palem itu jenis tanaman yang bagus banget buat bersihin udara dan nambah oksigen. Daunnya yang gede dan lebar itu bisa serap kotoran dan nambahin oksigen di ruangan.


Selain jadi penyaring udara, tanaman palem bisa bantu jaga kelembaban di dalam ruangan. Daunnya yang gede bisa menyerap kelembaban, jadi bisa ngebantu kurangin kekeringan udara di dalam rumah. Terutama buat lingkungan mayoritasnya kering, penting banget kelembapan yang cukup buat kesehatan pernapasan dan kulit kita.


Peace Lily


Peace lily jadi tanaman hias yang banyak banget pada suka. Biasanya, mereka punya bunga putih yang cantik banget. Nggak cantik doang, peace lily jago banget dalam menyaring kotoran di udara kayak formaldehida, benzene, dan trichloroethylene yang bisa dateng dari cat, perabotan, atau bahkan asap rokok.


Nah, itu manfaat dan variasi jenis tanaman hias yang oke banget buat kesehatan udara. Kalau kamu pengen punya hunian yang nyaman dan sejuk, kamu perlu mencari jasa desain interior yang mengerti tata letak tanaman hias. Nggak cuma sehat, jasa desain interior pasti bisa nata tanaman hias di posisi terbaik untuk menambah estetika ruangan.

Dacore adalah jasa desain interior profesional yang peduli pemanfaatan tanaman hias untuk kesehatan udara. Kamu bisa konsultasi langsung sama tim kita dan dapetin hunian impian yang bagus dan nyaman. Kalau mau pesen, bisa langsung hubungin Dacore di WhatsApp 08111901060.

Posting Komentar untuk "3 Pemanfaatan Tanaman Hias untuk Kesehatan Udara, Serap Polusi dan Hasilkan Oksigen!"