Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Kesehatan Kurma Ajwa

Mungkin kita pernah mendengar ulama mengatakan, “Setiap orang akan bersama dengan yang ia cintai di akhirat kelaka.” Kalimat tersebut mengandung makna yang begitu dalam. Sebagian orang mengatakannya bahwa jika kita mencintai kebaikan maka kita akan bersama kebaikan tersebut kelak. Ada juga yang memaknai bahwa barang siapa yang mencintai Rasulullah Baginda Muhammad Saw maka ia akan bersamanya kelak. Tanda kita mencintai Rasulullah adalah dengan mengerjakan apa yang ia contohkan. Selain itu kita bisa menyukai apa yang Baginda sukai juga. Tahukah kita bahwa salah satu kesukaan Rasulullah adalah kurma ajwa. Kurma ini bahwa sengaja baginda Nabi tanam sendiri di Madina saat ia berhijrah. Khasiat kesehatan kurma ajwa juga telah banyak para pakar temukan. Bagi dari segi gizi maupun kandungan lain di dalamnya yang bisa menjaga kesehatan.

Popularitas dan Keuninkan Kurma Ajwa

Untuk menyukai sesuatu kita perlu mengenalnya lebih dalam. Berikut ini beberapa hal menarik yang kurma ajwa miliki.

Sebagai penangkal sihir. Dalam hadits yang shahih dari Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah menjelaskan hal tersebut. Baginda menuturkan bahwa dengan mengkonsumsi kurma ajwa pada pagi hari saat perut masih kosong, maka kita bisa terhindar dari sihir dan racun. Berdasarkan riset kurma jenis ini mengandung anti oksidan yang tinggi. Senyawa ini mampu mengikat racun di dalam tubuh untuk selanjutnya kita keluarkan dari tubuh. Bentuk pengeluarannya tentu berbeda-beda tergantung dari komponen racunnya. Ada yang bisa kita keluarkan dalam bentuk keringat, feses ataupun kencing. Untuk mendapat khasiat kesehatan kurma ajwa pastikan memperoleh kurma terbaik dari ruthob rayan. Salah satu bukti dari kebenaran sabda Rasulullah itu adalah hasil studi yang menunjukkan kurma ajwa bisa memproteksi liver akibat keracunan parasetamol.

Sifatnya langkah. Rasulullah lah yang pertama kali menanam bibit kurma ini di Madinah.  Uniknya kurma ini tidak bisa tumbuh dengan baik selain di kawasan Madinah. Inilah yang menyebabkan kurma ini langkah dan terbatas jumlahnya. Karena produksinya tidak masiv maka permintaan pasar tidak selalu dapat tercover dengan baik. Akibatnya harga kurma ajwa jadi lebih mahal. Selain itu kurma ini selalu kita kejar karena keistimewaannya sebagai tanaman yang Baginda Nabi tanam sendiri dari tangannya. Inilah yang mengakibatkan pasaran kurma ajwa tidak perna sepi peminat.

Nutrisi di Dalam Kurma Ajwa

Kurma mengandung gula sederhana yang kita sebut dengan fruktosa. Senyawa ini sangat tubuh kita butuhkan sebagai sumber energy. Dalam kondisi lemah selepas beraktivitas seperti olahraga, bekerja atau mungkin puasa, kita membutuhkan asupan energy cepat. Sumber gula kompleks seperti gula putih dapat menyebabkan lonjakan glukosa dalam darah. Hal ini berdampak tidak baik bagi kesehatan. Lonjakan gula darah yang kontinyu dan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Misalnya saja rasa lapar terus menerus, jika kita turuti dengan makan serampangan maka berat badan bisa naik drastis. Tentu saja resiko obesitas dan penyakit degeneratif akan mengintai seperti diabetes mellitus. Khasiat kesehatan kurma ajwa lewat fruktosa nya justri menstabilkan gula di dalam darah. Sehingga kurma banyak kita gunakan sebagai cemilan alternative yang menyehatkan

Kurma ajwa mengandung serat yang tinggi. Serat ini membantu memperlambat proses pengosongan lambung. Akibatnya kita kan merasakan kenyang yang lebih lama. Serat juga membantu dalam melancarkan pencernaan. Tektus dari serat mampu memberishkan sisa makanan di dalam usus untuk kita keluarga dalam bentuk feses. Pencernaan yang lancer membuat tubuh lebih bugar. Karena pencernaan yang bagus mampu menyerap nutrisi makanan yang tubuh butuhkan dengan baik.

Vitamin b kompleks dalam kurma berkhasiat untuk menjaga tulang dan saraf. B kompleks adalah sekelompok vitamin B yang tubuh perlukan. Salah satunya B12 yang membantu kalsium dan magnesium terserap sempurna. Mineral ini menjadi senyawa pembentuk tulang. Artinya jika kalsium dan magnesium terserap secara optimal maka kepadatan tulang akan terjaga. Tulang yang padat menyebabkan tulang lebih kuat tidak mudah patah apalagi mengalami osteoporosis. Khasiat kesehatan kurma ajwa tidak hanya untuk tulang tapi juga saraf. B12 berperan sebagai protector sel saraf. Dengan rutin mengkonsumsi kurma ajwa maka kita bisa mengurangi rasa kebas, kesemutan dan kelemahan otot karena kekurangan vitamin B12.

AntiOksidan Kurma Ajwa

Antioksidan adalah senyawa mahal yang tubuh kita perlukan untuk tetap bugar. Uniknya di dalam kurma ajwa anti oksidan ini tidak hanya satu jeni tapi ada 4 jenis.

Flavonoid sering kita temukan pada tumbuhan. Senyawa ini telah teruji secara klinis mampu mengurangi penyebaran sel kanker dan penyakit jantung. Flavonoid mengikat molekul relatif yang berpotensi merusak DNA. DNA yang rusak akan mengakibatkan kesalahan dalam menerjemahkan perintah otak. Sehingga dalam kasus kanker pembelahan sel jadi tidak terkendali karena kesalahan menerjemahkan perintah. Sel yang terus membelah mendesak sel sehat di sekitarnya sehingga menjadi benjolan. Dengan mengkonsumsi kurma ajwa dan ruthob rayyan anti oksidan ini akan menetralkan senyawa radikal bebas tersebut. sehingga DNA tubuh tetap terjaga. Khasiat kesehatan kruma ajwa juga dapat terlihat dari kemampuan flavonoid ini menjadi anti trombotik di jantung. Flavonoin memperlancara proses sirkulasi darah di dalam jantung sehingga tidak terjadi pembekuan darah. Jika terjadi pembekuan darah di pembuluh jantung maka jalur darah ke tubuh terhambat. Akibatnya terjadi serangan jantung atau stroke.

Kandungan Lain yang Bergizi dalam Kurma

Fenol. Mungkin kita sering mendengar di iklan sabun mandi kata fenol. Senyawa ini memiliki sifat anti bacterial jika kita gunakan secara topikal,. Namun jika fenol ini kita gunakan untuk obat dalam maka ia bisa bertindak sebagai antioksidan kuat. Selain itu fenol juga bersifat anti peradangan yang mencegah berbagai penyakit.

Karotenoid dari kurma ajwa terkenal sebagai antioksidan kuat. senyawa radikal bebas dalam tubuh yang kuat adalah oksigen tunggal. Ia memiliki kecepatan bergerak yang tinggi dan berikat dengan komponen lain dalam sel. Jika single oksigen ini berhasil mengikat maka proses kerja sel terganggu. Misalnya saja ia akan menghambat produksi kolagen kulit sehingga jadi kendor. Nah karotenoid ini memadamkan single oksigen dengan mengikatnya. Ia dapat menyerap energy dari single oksigen. Selain itu karotenoid membantu pengeluaran enzim tubuh yang berfungsi menetralisir radikal bebas juga.

Antosianin biasanya kita temukan pada tumbuhan yang berwarna ungu, biru dan merah. Antosianin ini adalah anti inflamasi yang mampu mencegah penyakit seperti alzheimer dan Parkinson.

Khasiat kesehatan kurma ajwa masih banyak lagi yang perlu kita eksplorasi. Untuk mengoptimalkan khasiat itu kita perlu memastikan kualitas dari kurma. Dapatkan berbagai jenis kurma premium hanya di ruthob rayyan. Tersedia aneka paket diskon juga lah. Dapatkan informasi selengkapnya di https://ruthobrayan.com/ atau hubungi 628176926789.

Posting Komentar untuk "Khasiat Kesehatan Kurma Ajwa "