Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 3 Manfaat Antioksidan dalam Kurma Bagi Tubuh



Manfaat Antioksidan dalam Kurma Bagi Tubuh. Siapa sih yang tidak mengenal kurma? Pastinya, setiap orang mengenal buah yang dijadikan takjil di bulan Ramadan ini. Buah yang satu ini memiliki cita rasa manis. Tentu saja, rasa manis yang ada tumbuh secara alami. Tidak hanya manis, kurma juga kaya antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Apa saja manfaat antioksidan dalam kurma bagi tubuh? Berikut pembahasannya. Namun, sebelum mengetahui manfaat antioksidan kurma, sebaiknya kamu pahami dahulu nutrisi yang terkandung di dalamnya, jenisnya, dan tips membeli kurma terbaik. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak informasi ini.

Nutrisi yang Terkandung pada Kurma

Bukan rahasia lagi, kurma menjadi buah yang dianjurkan dikonsumsi saat puasa. Alasannya karena buah yang satu ini mengandung banyak kalori. Bisa dikatakan, mengonsumsi kurma setelah menjalankan puasa sehari penuh bisa mengembalikan energi. Perlu dipahami, nutrisi yang ada pada buah ini cukup beragam, antara lain sebagai berikut.

  • Kandungan gula tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula setelah berpuasa.
  • Tinggi akan kalium. Salah satu fungsi kalium pada kurma bisa menjaga tekanan darah tetap stabil.
  • Kaya akan vitamin dan zat besi. Perlu diketahui, vitamin yang ada pada kurma, seperti: Vitamin E, B, C, dan A.

Selain itu, kurma juga mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Kabarnya, nutrisi yang ada pada kurma bisa membantu tubuh manusia untuk melawan pro – oksidan. Pastinya, dengan mengonsumsi kurma, sel tubuh dapat bekerja secara maksimal.  

Jenis Buah Kurma yang Biasa Dijual di Pasaran

Manfaat antioksidan dalam kurma bagi tubuh tidak perlu dipertanyakan lagi. Tidak heran, saar bulan Ramadan, buah yang satu ini banyak diburu umat muslim. Aneka ragam kurma ditawarkan oleh para pedagang. Namun, hanya sedikit yang memahami jenis buah yang satu ini.


Apa saja jenis kurma yang biasa dijual di pasaran? Perlu kamu tahu, jenis kurma ada 2, yaitu kurma basah dan kurma kering. Bagaimana ciri – ciri kedua jenis kurma tersebut? Simak penjelasan berikut.


Kurma Basah

Sesuai dengan namanya, kurma basah adalah jenis buah kurma bertekstur lunak dan segar. Umumnya, kurma jenis ini berwarna cerah dan terkadang memiliki kandungan air. Kabarnya, jenis ini memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu, kurma ini tidak tahan lama seperti kurma kering.


Kurma Kering

Berbeda dengan kurma basah, jenis kurma kering merupakan jenis buah hasil pengeringan. Kabarnya, meski melalui proses pengeringan, jenis kurma ini memiliki kandungan gizi yang sama. Nah, jika kamu bukan penyuka rasa manis disarankan untuk mengonsumsi kurma kering.  


Tersebut adalah dua jenis kurma yang biasa dijual di pasaran. Jika kamu masih bingung memilih apakah mengonsumsi kurma basah atau kurma kering? Tak usah bingung, karena keduanya memiliki nutrisi yang sama. Jadi, kamu bisa membeli jenis kurma yang mana saja sesuai selera. Bagi kamu yang menginginkan kurma yang awet, kamu bisa membeli jenis kurma kering.


Tips Memilih Kurma yang Sehat

Manfaat antioksidan dalam kurma bagi tubuh memang tak perlu dipertanyakan lagi. Bisa dikatakan buah yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, tidak semua kurma kaya antioksidan, tergantung bagaimana cara memilihnya. Ternyata, ada tips memilih kurma yang sehat. Simak tips ini.

Pilihlah kurma sesuai kebutuhan. Pilih kurma kering jika kamu ingin kurma yang tahan lama. Begitu juga sebaliknya, belilah kurma basah, jika kamu ingin jenis kurma yang lunak, segar, dan memiliki kandungan air.

Perhatikan fisik kurma, seperti warnanya. Hindari membeli kurma yang berjamur atau ada bintik – bintik putih di permukaan buahnya. 

Pastikan, kurma yang kamu beli memiliki bau segar dan manis.

Perhatikan ukuran buahnya. Hal tersebut karena ukuran buahnya berpengaruh terhadap kadar gula dalam kurma.  Bagi pecinta kurma, disarankan untuk mengonsumsi buah ini tidak lebih dari 40 gram. 

Belilah kurma di toko atau penjual kurma yang terpercaya. 


Itulah 5 tips memilih kurma yang sehat. Selain itu, perhatikan kemasannya saat membeli. Kondisi kemasan juga berpengaruh terhadap kesegaran buahnya. Ternyata, untuk mendapatkan kurma yang sehat dan menyegarkan tidaklah mudah. Kita harus memilihnya dengan saksama. Tidak hanya memperhatikan kondisi fisik buahnya melainkan kuga di mana kita membelinya. 


3 Manfaat Antioksidan dalam Kurma Bagi Tubuh

Bicara soal buah kurma memang tidak ada habisnya. Selain kaya nutrisi, buah yang satu ini juga memiliki 3 manfaat antioksidan. Apa saja manfaar antioksidan dalam kurma bagi tubuh manusia? Berikut manfaatnya.

Asam Fenolat

Ternyata, kurma mengandung asam fenolat yang merupakan jenis antioksidan dengan sifat anti – inflamasi. Kabarnya, rajin mengonsumsi kurma bisa mengurangi risiko sakit jantung dan kanker. Tentunya, manfaat antioksidan yang satu ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. 


Flavonoid

Selain memiliki antioksidan yang bersifat anti – inflamasi, kurma juga bisa menurunkan risiko peradangan pada tubuh. Antioksidan jenis ini dikenal dengan nama flavonoid. Tidak hanya mengurangi peradangan, antioksidan jenis ini juga bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko sakit diabetes dan mengurangi sakit alzheimer.


Karotenoid

Satu lagi manfaat antioksidan dalam kurma bagi tubuh, yaitu karotenoid. Kabarnya, antioksidan jenis ini sangat bermanfaat bagi jantung, bahkan bisa membuat kesehatan mata terjaga.


Itulah 3 manfaat antioksidan kurma. Tentunya, tidak rugi jika kamu rajin mengonsumsinya, apalagi saat menjalankan ibadah puasa. Perlu diingat, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa bisa mengembalikan nutrisi yang hilang saat berpuasa. 


Kabirafood.com Menyediakan Kurma yang Kaya Antioksidan

Apakah kamu masih ragu untuk rutin mengonsumsi kurma? Semoga pengetahuan  manfaat antioksdan dalam kurma bagi tubuh sudah menambah wawasanmu tentang pentingnya buah yang satu ini. Perlu diingat, tidak semua jenis kurma menyehatkan. Hal tersebut bergantung dari bagaimana kamu memilihnya.


Saat ini, banyak sekali pedagang atau toko yang menjual kurma. Namun, tidak semuanya menyehatkan dan layak dikonsumsi. Hal penting yang harus diperhatikan adalah pastikan, kamu membeli kurma di tempat yang benar. Salah satunya https://kabirafood.com. Bukan rahasia lagi, Kabirafood menyediakan beragam jenis kurma yang kaya antioksidan. Bahkan kurma basah dan kurma kering pun tersedia di https://kabirafood.com. 


Perlu diketahui, https://kabirafood.com menyediakan beragam kurma, antara lain: kurma Ajwa premium, kurma Medjool premium, kurma muda kuning, kurma Sukari premium, kurma Tunisia premium, dan Ruthob Rayan. Tentu saja, semua jenis kurma tersebut berkualitas super. 


Selain menawarkan aneka ragam kurma, Kabirafood juge memproduksi beberapa camilan sehat yang terbuat dari bahan alami bergizi tinggi. Kabarnya, camilan sehat ala https://kabirafood.com bisa mendukungmu melakukan pola hidup sehat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir obesitas meskipun ngemil banyak. Suka ngemil, namun tetap sehat? Langsung saja, kunjungi https://kabirafood.com dijamin tubuhmu kaya nutrisi dan tetap sehat.

Posting Komentar untuk " Inilah 3 Manfaat Antioksidan dalam Kurma Bagi Tubuh"